Taman Wisata Alam Gunung Baung terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Kawasan seluas 195,5 hektar ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 657/Kpts/Um/9/1980 tanggal 11 September 1980. Dasar penunjukkan kawasan ini sebagai taman wisata alam, karena Gunung Baung yang berdampingan dengan Panorama alam yang asri dan sejuk dengan latar belakang dua buah gunung, serta Kebun Raya Purwodadi turut melengkapi keindahan kawasan Gunung Baung. Keindahan alam pegunungan tersebut bisa dinikmati pengunjung melalui menara pandang yang memeiliki tower dan teleskop pengindra. Sebagai pusat pendidikan konservasi SDA hayati dan ekosistem. Kawasan ini mulai dikembangkan berbagai sarana dan prasarana untuk beberapa aktifitas seperti, pendidikan SDA, konservasi lingkungan hidup, inventarisasi flora dan fauna, praktek teknologi ramah lingkungan, pendidikan lingkungan, kegiatan wisata petualangan, serta wahana kegiatan alam terbuka.

Mengunjungi Taman Wisata Alam ini bisa beragam hal dinikmati dan dijamin akan terpuaskan, terutama bagi mereka yang gemar berpetualang dialam bebas, menjelajah hutan, berkemah, serta kegiatan alam terbuka lainnya. Kawasan Gunung Baung memiliki hutan tropis dataran rendah yang menyimpan keanekaragaman hayati yang masih alami. Salah satunya yang paling unik adalah kawasan komunitas hutan bambu.

Air terjun Coban Baung dengan ketinggian ± 100 m, air terjun ini merupakan pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji dua sungai permanen yang terus mengalir sepanjang tahun. Dan Anda dapat mencoba menantang diri Anda disana. Dengan melihat pemandangan tebing-tebing yang tinggi di sekitar Coban Baung juga bakal menambah keindahan tempat ini. Selain air terjun Coban Baung, di sisi timur Gunung Baung juga terdapat empat air terjun dengan ketinggian 10 – 20 meter yang terletak di sepanjang aliran Sungai Beji. Keindahannya juga tidak kalah dengan air terjun Coban Baung. Ecological Rafting di Baung, mempunyai durasi 2,5 – 3 jam yang cukup menarik dan menantang. Rafting ini mempunyai karakteristik yang unik, karena di dalam kawasan konservasi yang masih alami dan pemandangan hutan beserta isinya (yang masih terjaga satwa tanaman liar) yang khas hutan dataran rendah.

Fun Rafting dan River Board bisa jadi alternatif kegiatan yang mengasyikkan di sungai. Aktifitas seru ini menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan peralatan standard seperti helm, dayung dan pelampung [life jacket]. Setiap kelompok pengunjung mulai dari kategori anak-anak hingga dewasa akan didampingi oleh guide yang berpengalaman. Untuk itu batuan sungai dimodifikasi menjadi lintasan track fun-rafting dengan tingkatan [grade] yang aman serta menyenangkan. Selama pengarungan, pengunjung dapat menyaksikan gemericik air sungai yang jernih, jembatan tradisional, jajaran tebing, tanaman langka, pohon tempat bertenggernya kelelawar besar, hingga pesona air terjun.

 

Untuk memenuhi standar kebutuhan pengunjung, di Baung Camp saat ini sudah mulai dikembangkan Areal Parkir, Loket & Sentra Informasi, Shelter & Rest Area, Menara Pandang [tower], Air Bersih & MCK, Listrik & Penerangan, Camp / Penginapan [kapasitas 100 orang], Ruang Pertemuan / Pesanggrahan [kapastias 100 orang], Ruang Makan [kapasitas 100 orang], Kafetaria, Kios Souvenir, Pondok Peneliti, Pos Kesehatan, Jogging Track, Camping Ground, Taman Bermain Anak, serta berbagai Wahana Pendidikan dan Petualangan. Sebagai bentuk komitmen konservasi sumber daya alam hayati, pemakaian bahan bangunan sarana ini tidak memanfaatkan kayu yang berasal dari hutan, tetapi dari kebun penduduk seperti kayu kelapa yang sudah waktunya diremajakan (hunting ke beberapa daerah). Di samping itu juga memanfaatkan kayu bekas begisting cor jalan tol (dibeli) dengan konsep mengurangi sampah serta tidak memanfaatkan kayu yang baru (re use). Demikian pula dinding bangunan yang memanfaatkan unsur bambu dengan ragam hias lokal yang hampir tidak dikenal lagi oleh generasi modern.

Sedangkan, fasilitas utama untuk permainan outbond yang bisa dinikmati pengunjung, cukup menarik dan macamnya juga bervariasi. Antara lain, fasilitas flying fox, papan panjat, jembatan gantung, bambu swing, bambu tangga, tong setan, dan untuk yang ekstrim ada slooping. Slooping inilah yang menjadi ikon dari Baung Camp. Bentuk permainannya mirip seperti flying fox, yang berminat diajak menyusuri semak naik menuju air terjun Cuban Baung terlebih dulu. Namun, yang membedakan adalah kita akan diminta terjun dari atas dengan sudut sedikit vertikal dari ketinggian sekitar 90-100 meter, dan terjun pas didepan air terjun.

Ke depan nanti pihak pengelola akan mengembangkan beberapa fasilitas ekstrim lainnya, yakni pertama adalah conflic space, sebuah permainan di lorong yang sempit. Di sini nantinya pengunjung akan dibawa ke dalam situasi yang penuh tekanan. Dan, yang kedua adalah tenda gantung di bibir air terjun. Sedangkan untuk rafting, dengan menerapkan konsep ecological rafting di mana pengunjung akan diajak menjelajahi aliran sungai dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Kita akan diajak beredukasi dengan potensi alam yang masih terdapat di sepanjang bantaran sungai dari instruktur. Sehingga rafting di sini cukup aman buat keluarga dan anak-anak.

Untuk pemesanan rafting di SongaRafting Probolinggo, RaftingKasembon Malang,Rafting Kaliwatu Batu, Batu Alam Rafting, Pacet Rafting, Kediri Rafting dan rafting di daerah yang lain.

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound Malang, Wisata Malang, Travel di Malang dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

Untuk Pemesanan Silahkan hubungi kami di :

Office :

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *