Kebun Teh Wonosari Lawang

Beberapa minggu lalu, tim Outbound di Malang melakukan outbound dengan Bank UOB Surabaya di Kebun Teh Wonosari Lawang Malang.

Kebun Teh ini dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu 1,5 jam dari Kota Malang. Perjalanannya cukup mudah meski pada saat berbelok dari Lawang menuju Kebun Teh, jalanan sudah mulai agak sulit. Selain sempit, jalan yang ditempuh juga berliku dan menanjak. Pada saat berpapasan dengan kendaraan lain, salah satu harus mengalah supaya bisa lewat. Banyak jalan yang mengharuskan kita menggunakan gigi persneling 1 karena tanjakan yang curam dan belokannya yang tajam.

Sesampainya di pintu masuk Kebun Teh, Anda akan disambut hamparan kebun teh yang hijau. Setelah masuk kami langsung menuju ke tempat parkir utama. Di sebelah tempat parkir utama ini ada kolam renang air panas, dan juga arena ATV (All Terrain Vehicle).

Hari Minggu bukanlah hari yang tepat untuk berkunjung ke Kebun Teh karena semua karyawan pabrik dan pemetik teh libur. Jam kerja mereka adalah Senin – Sabtu mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Pada jam tersebut kita dapat melihat proses pemetikan teh dan pemrosesan daun teh di pabrik.

Pada kondisi normal, ada banyak pilihan kegiatan yang dapat dilakukan untuk berwisata di kebun teh ini. Jika kita pergi ke sana dalam jumlah banyak orang, kita bisa mengikuti outbond, mengendarai kuda atau ATV mengelilingi hamparan kebun teh, melihat proses pemetikan daun teh, pemrosesan teh di pabrik dan juga mencicipi langsung teh racikan pabrik. Di sana juga terdapat area untuk camping, sehingga bisa bermalam dalam tenda dalam suasana alam yang sejuk.

Masih banyak yang harus dibenahi oleh pemerintah daerah Kabupaten atau dari pihak PT Perkebunan sendiri. Jalan menuju ke kebun teh perlu diperlebar sehingga akses menuju kesana lebih mudah dan lancar. Karena bagi sebagian orang yang setiap hari disibukkan pekerjaan kantor dan membutuhkan suasana alam untuk melepaskan penat, kebun teh ini sangat cocok dikunjungi.

Bagi penyuka fotografi, kebun teh ini memiliki banyak spot yang bisa diabadikan. Hamparan kebun teh yang menghijau, kabut pagi hari dan adanya Ray of Light yang indah sangat tepat untuk mengasah ilmu fotografi. Udara sejuk pegunungan sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sehingga stress dan penat dapat berkurang dan tubuh menjadi segar kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *