Team Work yang solid biasa digambarkan dengan kalimat pepatah “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing“. Dengan demikian, segala pekerjaan berat akan terasa lebih ringan apabila dikerjakan dan diselesaikan secara bersama-sama. Peranan Team Work sangat besar kontribusinya bagi tercapainya target/tujuan dari suatu organisasi. Dalam suatu organisasi tanpa adanya team work yang tangguh, selain terbuka peluang menuju kegagalan, hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk membangun Team Work yang solid dan tangguh maka harus ada :

  1. VISI DAN MISI
    Semua orang yang terlibat dalam Teamwork harus benar-benar memahami dan mengerti dengan baik Visi dan Misi organisasi. Jika kondisi ini telah terpenuhi, selain akan menghilangkan sikap saling curiga/tidak percaya maka tujuan teamwork yang ingin dicapai akan semakin mudah direalisasikan karena semuanya telah terkonsentrasikan dengan baik pada tujuan yang ingin dicapai.
  2. SALING MENGHORMATI
    Dikarenakan Team Work adalah satu kesatuan yang tidak terpisah maka setiap orang yang berada dalam Team Work memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital dan penting. Tidak ada satu hal pun yang logis dikatakan bahwa si A, B atau C lebih penting / vital peranannya jika dibandingkan dengan si D, E atau F. Didasarkan oleh kondisi ini maka siapapun yang terlibat dalam Team Work harus saling menghormati dan menghargai.
  3. KESATUAN
    Selalu tekankan dalam Team Work bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Ibarat lidi, jika bersatu dalm satu ikatan (sapu lidi) akan memberikan kekuatan tetapi jika dipisahkan, manfaatnya akan sirna. Ketika ada yang sakit maka spontanitas semua yang terlibat dalam Team Work juga akan merasakannya dan berusaha menyembuhkannya.
  4. KERJASAMA
    Karena ini adalah untuk kepentingan bersama maka sudah sepatutnya bentuk dari kerjasama yang diberikan adalah kerjasama yang tulus dan ikhlas serta tanpa adanya niat – niat terselubung.
  5. POSITIVE THINKING
    Ini adalah salah satu yang paling mendasar yang harus dimiliki dalam Team Work. Hal yang menentukan baik tidaknya diri seseorang adalah didasarkan oleh apa yang dia kontribusikan dalam team work dan bukan hanya oleh penampilan luar.
  6. RELA BERKORBAN
    Makna dari rela berkorban dalam team work adalah selain berkorban dalam bentuk materi tetapi juga waktu dan perasaan. Wujud nyata dari rela berkorban ini juga harus tulus dan ikhlas serta tanpa pamrih adanya. Motivasi utama dari perbuatan mulia ini adalah demi kesuksesan bersama dalam suatu team work.
  7. TANTANGAN DAN RINTANGAN
    Kembali, apapun tantangan dan rintangan yang timbul, semuanya akan selalu bersatu padu dalam menanganinya. Tidak seorangpun akan dibiarkan menderita atau bahagia sendirian. Semuanya akan selalu dirasakan bersama-sama.

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound MalangBatu alam RaftingKaliwatu RaftingWisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut :

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *