TIPS AMAN MELAKUKAN RAFTING

rafting kasembon,rafting kasembon malang,persiapan rafting apa saja,rafting kasembon batu malang,rafting kasembon batu,rafting di kasembon,persiapan rafting bagi pemula,wisata rafting kasembon,alamat rafting kasembon malang,info rafting kasembon,kasembon rafting.com,lokasi rafting kasembon,pengalaman rafting di kasembon,rafting di kasembon batu,rafting kasembon malang jawa timur,tarif rafting di kasembon,tempat rafting kasembon,tiket rafting kasembon,tips melakukan rafting

www.outboundindonesia.com , 085311091054

Rafting atau arung jeram merupakan salah satu olahraga yang terbilang ekstrim, tak jarang banyak orang yang enggan melakukannya karena berbagai alasan seperti, tak bisa atau kurang mahir dalam berenang. Bagi Anda yang tidak bisa berenang atau kurang mahir jangan khawatir anda tetap bisa mengikuti olahraga arung jeram atau rafting ini.
Karena olahraga arung jeram atau rafting ini masuk dalam kategori olahraga ekstrim maka resiko saat melakukan pengarungan pasti ada, jadi ada baiknya kita mengetahui tips yang aman ketika melakukan olahraga ini. Disini kita akan membahas tips melakukan kegiatan arung jeram atau rafting di Kasembon Rafting. 

Kondisi Tubuh : Hal pertama yang harus diingat ketika Anda akan melakukan olahraga arung jeram atau rafting ini adalah kondisi tubuh. Jika anda tidak bisa berenang itu tidak masalah, namun jangan lupa Anda memberi tahu pada pemandu, kemudian untuk usia bagi peserta yang mengikuti olahraga arung jeram berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan pengarungan dan kondisi sungai.

Pakaian dan perlengkapan : Pakailah celana dan kaos yang nyaman untuk melakukan olahraga arung jeram atau rafting ini, selain itu jangan lupa menggunakan alas kaki pada saat pengarungan, alas kaki yang di anjurkan adalah sandal gunung atau sepatu khusus untuk melakukan kegiatan rafting ini. Untuk perlengkapan Anda harus menggunakan helm dan jaket pelampung, pilihlah helm dan jaket pelampung sesuai dengan ukuran tubuh anda, jangan terlalu sempit serta jangan terlalu longgar. Untuk Anda yang bertubuh besar tidak usah khawatir karena jaket pelampung terdapat beberapa ukuran.

Melakukan Pemanasaan : Apapun jenis olahraganya melakukan pemanasan sebelum melakukan sesuatu sangat di anjurkan, begitu juga dengan olahraga arung jeram ini, tidak ada salahya Anda melakukan sedikit pemanasan agar anda tidak mengalami kram pada saat pengarungan.

Posisi Duduk : Posisi duduk yang baik ketika melakukan olahraga arung jeram atau rafting ini adalah di tepi perahu karet. Anda tidak di anjurkan untuk duduk di tengah atau di dasar perahu karet, hal ini dilakukan untuk memudahkan anda dalam mengatur keseimbangan. Perlu anda ketahui bahwa terkadang posisi duduk diatur sesuai dengan berat badan peserta rafting.

Selalu Ikuti Instruksi Guide : Dayung adalah salah satu alat yang memiliki peranan penting dalam olahraga ini. Sebelum anda melakukan arung jeram atau rafting anda akan di berikan pengetahuan tentang cara mendayung yang baik dan benar. Selain itu pemandu juga akan memberikan pengetahuan tentang aba-aba arung jeram atau rafting yang harus diketahui oleh seluruh peserta. Aba-aba tersebut antara lain “Maju”, ketika para peserta arung jeram atau rafting mendengar aba-aba ini maka yang Anda lakukan adalah kayuhlah dayung ke arah dalam dari posisi Anda duduk. Kemudian ada aba-aba “Mundur”, ketika Anda mendengar aba-aba ini yang Anda lakukan adalah kayuhlah dayung anda dari arah dalam menuju keluar dari posisi ada duduk. Selanjutnya jika pemandu memberikan aba-aba “Stop”, maka yang anda lakukan adalah berhenti untuk mengayuh dayung yang anda pegang. Selanjutnya ketika pemandu memberikan aba- aba “Bom”, itu tandanya Anda akan melintasi jeram, ketika Anda melintasi jeram yang harus Anda lakukan adalah menggangkat dayung yang anda pegang, kemudian badan merunduk ke arah perahu, jangan lupa untuk berpegangan dengan kuat pada perahu agar tidak terjatuh dari atas perahu.

Ketika Anda Terjatuh : Ketika Anda terjatuh atau terlempar dari perahu, usahakan untuk tetap tenang dan posisikan tubuh anda dengan posisi terlentang. Kemudan arahkan tubuh anda mengikuti arus sungai dengan menghadap ke arah depan, hal ini di lakukan agar Anda dapat mengetahui jika terdapat batu di hadapan Anda.

Perahu Terbalik : Terkadang pemandu akan dengan sengaja untuk membalikan perahu, namun ada juga beberapa arus deras yang dapat membalikan perahu anda. Ketika hal ini terjadi ada beberapa peserta yang akan berada di dalam perahu yang terbalik, tetaplah berusaha untuk tenang, karena di perahu yang terbalik juga terdapat celah udara yang bisa anda gunakan untuk keluar agar tidak terkena batu dengan cara menyelam.

Untuk konsultasi Training Motivasi di Trawas, Outbound di Trawas, Wisata di Trawas, Rafting di Songa Probolinggo, Rafting Kasembon, Rafting Pacet, Rafting di Kampoeng Rafting, Rafting Kaliwatu, Rafting Batu Alam, Paintball di Trawas, Travel di Probolinggo, Hotel di Trawas  atau menikmati Wisata di Batu Malang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *